Tips Bergaya Metropolitan Yang Positif Bagi Kepala Keluarga

Tinggal di kawasan metropolitan mau tidak mau menjadikan kita juga ikut terbawa dan harus pandai menyesuaikan diri. Di tengah majunya jaman dan gempuran teknologi modern, hal ini tidak bisa dihindari dan harus dihadapi dengan pandai menyaring hal positifnya saja. Bagi Anda yang memiliki peran sebagai kepala keluarga tentu saja hal ini bukanlah hal yang mudah untuk memberikan arahan dan gaya hidup untuk keluarga Anda, oleh karena itu lakukanlah dengan bijak dan tentu saja dengan tujuan yang baik.


1. Pemilihan tempat tinggal

Di kawasan metropolitan yang semakin sulit untuk mendapatkan tempat tinggal yang nyaman, terjangkau dan mudah mendapatkan akses dari fasilitas umum tentu saja cukup membingungkan. Anda sebagai kepala keluarga tentu saja ingin memberikan yang terbaik bagi anggota keluarga dan juga membuat mereka merasa nyaman. Bila sebelumnya Anda berpendapat tinggal di apartemen terlalu mewah, mulai saat ini Anda bisa merubah pola pikir Anda.

Anda dapat memilih tinggal di apartemen dengan mencari hunian yang memiliki harga cukup murah. Tentu saja tempat yang dipilih menyesuaikan dengan keinginan Anda seperti dekat dengan tempat kerja, sekolah anak dan fasilitas lainnya. Tidak usah sungkan untuk bertanya dan mencari informasi tentang apartemen yang murah karena masih banyak tersedia namun Anda harus sabar dalam mencarinya karena yang berminat juga sangat banyak.

2. Quality time bersama keluarga

Di kota metropolitan, melakukan quality time bersama keluarga umumnya dilakukan di kawasan mall yang banyak menyajikan tempat hiburan. Sesekali Anda dapat mengajak anggota keluarga Anda untuk hangout di mall seperti pergi ke zona permainan untuk anak atau menonton di bioskop. Tidak perlu setiap minggu, 1 bulan sekali juga sudah terbilang cukup untuk berefreshing dan memberikan hiburan bagi anak-anak.

3. Berbelanja

Berbelanja mulai dari pakaian hingga urusan dapur sepertinya adalah hal yang cukup memakan banyak budget pengeluaran Anda. Jadi, Anda harus bijak dalam mengaturnya agar tidak overbudget. Bergaya metropolitan dengan model baju yang up to date bisa dilakukan dengan budget minim dan tanpa harus membelinya di mall dengan harga yang tinggi.

Anda bisa membeli baju tersebut di pusat perbelanjaan busana dengan harga terjangkau. Jangan sampai Anda mengorbankan banyak budget hanya untuk bisa mendapatkan gaya hidup yang terlihat wah yang ternyata membuat keuangan kacau. Tetapkan juga batasan berbelanja agar perekonomian keluarga tetap stabil.

4. Gaya hidup

Hal yang tidak bisa dihindari dari gaya metropolitan adalah hangout di café dengan harga makanan dan minuman yang mahal. Hal ini sebenarnya sangat disayangkan apalagi untuk Anda yang hanya berpendapatan menengah ke bawah. Rasa sungkan untuk menolak ajakan teman dan takut dikucilkan dari pertemanan bisa menjadi salah satu alasan Anda terpaksa ikut hangout.

Tapi sebaiknya Anda mulai sekarang membatasi hal tersebut, tetapkan maksimal 2 kali dalam 1 bulan. Karena bila Anda melakukannya terlalu sering, Anda akan mengalami masalah keuangan karena harga dari makanan dan minuman I café tentu saja cukup mahal.

5. Transportasi

Untuk urusan transportasi, bila Anda belum mampu untuk membeli kendaraan pribadi seperti mobil, jangan malu untuk naik kendaraan umum. Saat ini sudah ada banyak fasilitas yang bagus untuk kaum metropolitan dalam bidang transportasi. Anda dapat memilih naik busway, KRL, MRL atau yang lainnya. Semuanya memberikan banyak kemudahan dan tentu saja menghemat budget Anda. Jangan sampai hanya karena gengsi Anda terpaksa untuk berhutang demi kendaraan pribadi yang akhirnya akan memberatkan Anda.

Nah, setelah mengetahui beberapa tips bergaya metropolitan yang positif diatas, sudah saatnya Anda mengaplikasikannya. Hidup di daerah metropolitan memang sesuatu yang menantang dan harus dihadapi dengan bijak apalagi yang berhubungan dengan pengeluaran. Jangan sampai Anda terjerat oleh gaya hidup yang wah dan menyeret Anda untuk berhutang hanya untuk menuruti gengsi semata.