5 Alasan Ini Membuat Orang Lebih Memilih Rumah Dibandingkan Apartemen di Jakarta

Tinggal di sebuah apartemen atau rumah merupakan salah satu pilihan yang harus dipertimbangkan dengan sebaik mungkin. Baik apartemen atau rumah merupakan tempat tinggal yang nyaman. Banyak yang lebih suka tinggal di apartemen di Jakarta. Namun tidak sedikit pula yang mencari rumah dijual di Jakarta ketimbang sewa apartemen. Bagi Anda yang sudah punya rumah di dekat kota, mungkin mencari hunian apartemen bisa dijadikan sebagai tempat tinggal kedua atau investasi. Namun bagi Anda yang sedang mencari tempat tinggal pertama, pilih rumah saja ya.


5 Alasan Mengapa Memilih Rumah Daripada Apartemen

Banyak alasan mengapa Anda harus memilih rumah dibandingkan memilih apartemen. Apalagi jika Anda sedang mencari tempat tinggal pertama atau belum memiliki rumah. Manfaat memilih rumah jauh lebih besar dibandingkan dengan tinggal di apartemen. Berikut beberapa alasannya

1. Kepemilikan jelas

Kepemilikan rumah dan apartemen memang sebenarnya sama-sama jelas. Namun demikian, kepemilikan apartemen sangat bermacam-macam. Ada kepemilikan berupa Hak Guna Bangunan. Hak Guna Bangunan yang Anda peroleh berarti Anda hanya memiliki hak menggunakan bangunan saja. Artinya, tanah yang ditempati adalah milik pengembang. Sedangkan jika Anda membeli rumah, Anda bisa memiliki keduanya baik Hak Guna Bangunan maupun Sertifikat Hak Milik

2. Punya lahan

Membeli rumah akan membuat Anda memiliki lahan yang lebih luas. Anda bisa memanfaatkannya untuk melakukan hal-hal menarik yang menjadi hobi Anda. Contohnya saja, bercocok tanam, berkebun, atau membuat sebuah taman yang indah. Semuanya bebas dilakukan karena lahan yang digunakan memang hanya milik Anda. Apartemen pun memiliki lahan yang luas dan mewah, namun kepemilikannya adalah bersama-sama.

3. Milik Anda selamanya

Rumah yang Anda beli adalah rumah yang akan Anda miliki selama Anda tidak menjual rumah tersebut. Anda akan memiliki Hak Guna Bangunan dan Sertifikat Hak Milik. Maka, bangunan rumah selamanya akan menjadi milik Anda. Anda bisa mewariskan kepada anak cucu Anda kelak karena kepemilikannya benar-benar sudah jelas.

4. Lebih Murah

Dibandingkan dengan menyewa apartemen, hitungan membeli rumah ternyata jauh lebih murah dan menjanjikan. Jika dihitung-hitung dengan jelas, harga apartemen memang jauh lebih mahal daripada harga rumah. Hal tersebut dikarenakan apartemen biasanya berada di pusat kota.

5. Desain bebas

Desain di apartemen ditentukan oleh pengembang apartemen. Anda tidak bisa merombak. Berbeda dengan ketika Anda membeli rumah, Anda bisa melakukan perombakan, pengubahan warna cat, atau pun membangun hal menarik lain di rumah tersebut sesuai dengan keinginan Anda. Pokoknya bebas melakukan apa saja deh karena itu merupakan kepunyaan sendiri.

Jadi, sudah jelas bukan alasan mengapa Anda harus memilih membeli rumah dibandingkan membeli apartemen. Baik rumah atau apartemen, keduanya sama-sama bagus. Namun, pertimbangkanlah dengan baik karena tempat tinggal merupakan salah satu hal yang akan digunakan dalam jangka waktu panjang.